Puluhan Tewas di Perayaan Trump di Nigeria

5883f2dbc52a3-aksi-massa-di-biafra-yang-mendukung-diangkatnya-donald-trump-jadi-presiden-as_663_382KLIKKIU.NET – Ratusan warga Negara Bagian Biafra, Nigeria, merayakan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

Dilansir dari Mirror, Minggu 22 Januari 2017, perayaan itu digelar agar mendapat perhatian langsung dari Trump. Alasannya, mereka ingin agar Trump mendukung Wilayah Timur Biafra untuk melepaskan diri dari Biafra dan membentuk pemerintahan sendiri.

Sayangnya, perayaan itu berujung ricuh. Menurut koordinator aksi, Ugochukwu Chinweuba, ada 20 warga Biafra yang tewas saat bentrok dengan kepolisian Biafra.

Selain itu, Chinweuba juga mengklaim bahwa ratusan warga hilang saat perayaan itu dibubarkan oleh kepolisian setempat.

Sementara itu, menurut berita yang dilansir dari BBC, jumlah peserta yang tewas hanya 11 orang. Juru bicara pihak kepolisian mengatakan, mereka hanya melepas gas airmata dan menangkap beberapa orang saja.

Diketahui, upaya membentuk pemerintahan sendiri di Biafra sudah terjadi sejak 1970-an. Bahkan, jutaan orang dikabarkan tewas ketika terjadi perang saudara di negara bagian tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s