TPS 29 Kalibata Gelar Pemungutan Suara Ulang

58a90ac143970-tps-29-kalibata_663_382KLIKKIU.NET – Pemungutan suara ulang Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dilakukan di dua tempat yaitu TPS 01 di Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat dan TPS 29 di Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Di TPS 29, pelaksaan berlangsung lancar dimulai dari pukul 07.30 WIB.

Menurut Ketua KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal, pemungutan suara ulang di TPS ini dilakukan karena terjadinya pencoblosan ganda oleh pemilih, pada pemungutan suara 15 Februari 2017 lalu. Terjadi sebanyak dua kali kasus serupa di TPS ini.

“Kami menerima laporan bahwa terjadi pencoblosan sebanyak dua kali oleh pemilih yang sama,” kata Ikbal di TPS 29, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 19 Februari 2017.

sakong-klik-qq-728

Ikbal menyatakan bahwa pelanggaran diduga terjadi akibat ketidakpahaman pemilih dan panita penyelenggara terhadap aturan pencoblosan ganda.

“Saya menilai potensi pelanggaran berjamah, pemilih tidak paham bahwa mencoblos dua kali tidak boleh sementara KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) masih ragu, saksi memperbolehkan dan Panwas (Panitia Pengawas) juga seirama,” kata dia.

Sesuai dengan arahan KPUD, pengawasan pun dilakukan oleh petugas pusat. Terdapat 5 orang dari PPS dan 2 orang dari PPK. Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS ini berjumlah 491 orang. Surat suara yang disediakan berjumlah 525 lembar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s