7 Kota Dengan Desain Kota Terbaik Di Dunia Bagikan

2-copy-1024x576.jpgKLIKDOMINO.COM – Desain perkotaan atau desain tata kota merupakan bagian penting dari sebuah kota. Makanya kemajuan sebuah kota biasanya juga dinilai dari tata kotanya. Tujuan dari tata kota adalah mempermudah masyarakatnya untuk beraktivitas. Di dunia ada beberapa kota yang dianggap punya desain kota terbaik diantaranya adalah 7 kota berikut ini.

sakong-klik-qq-728

Machu Picchu, Peru

machu picchu

Image: Pixabay.com

Kompleks Machu Picchu yang berlokasi di Peru adalah kota dengan desain tata kota terintegrasi. Walaupun dibangun di abad ke-15 Machu Picchu sudah dilengkapi dengan sistem pengelolaan perkotaan modern. Salah satu yang paling mencolok dari desain tata kota Machu Picchu adalah sistem pengelolaan air termasuk saluran, kanal, teras, dan chip batu yang bisa menjaga curah hujan.

Amsterdam, Belanda

amsterdam

Image: Pixabay.com

Amsterdam juga sudah lama dikenal sebagai salah satu kota dengan desain kota terbaik ini memang patut dipuji. Seperti yang sudah kamu ketahui, Amsterdam kota yang dikelilingi oleh kanal dan bisa dibilang rawan banjir. Berkat tata kota yang cermat, Amsterdam berhasil menata kotanya menjadi kota yang serba terintegrasi. Bagunan-bangunan tua di Amsterdam juga masih terawat dan bisa menyatu dengan desain kota yang semakin modern. Desain tata kota Amsterdam ini memudahkan masyarakatnya untuk beraktivtas karena jaringan trasportasi umum yang terintegrasi.

Singapura, Singapura

singapura

Image: Pixabay.com

Kota tetangga yang semakin maju ini memang patut mendapatkan predikat kota dengan desain tata kota terbaik di dunia. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana transportasi umum dibangun dan desain komplek perumahan yang tertata rapih. Bukan hanya itu saja Singapura punya sistem unik untuk mengatur limbah, air, dan AC. Walaupun kecil Singapura berhasil membangun kota dengan sangat efisien dengan jenis perumahan rumah susun atau apartemen.

Copenhagen, Denmark

copenhagen

Image: Pixabay.com

Selain Belanda kota lain di Eropa yang mendapat predikat sebagai kota terbaik adalah Copenhagen. Desain tata kota Copenhagen juga banyak diacungi jempol karena tercatat sebagai kota paling ramah lingkungan di dunia. Desain kota ini memprioritaskan untuk memperbaiki fasilitas pengolahan limbah, daur ulang air hujan, dan menciptakan rumah dengan atap hijau. Copenhagen juga berencana di tahun 2025 menjadi kota tanpa jejak karbon.

Chandigarh, India

Chandigarh

Image: Rhythm Kataria/WikiCommons

Percaya nggak percaya salah satu kota di India masuk di dalam daftar kota dengan tata kota terbaik. Chandigarh yang terletak di bagian utara India pernah mendapatkan gelar kota terbersih dari BBC. Kota ini terkenal dengan desain kota serba modern yang memiliki fasilitas lengkap yang terintegrasi. Kota Chandigarh dirancang oleh arsitek terkenal asal Perancis, Le Cornusier. Desain tata kota ini idenya mengambil dari sistem tubuh manusia jadi ada bagian jantung yang dijadikan pusat kota, paru-paru sebagai ruang terbuka hijau, sistem sirkulasi diadopsi menjadi jaringan jalur transportasi dan masih banyak lagi.

Dusseldorf, Jerman

dusseldorf

Image: Pixabay.com

Kota yang sempat menjadi sasaran pengeboman di masa perang dunia ini sekarang tumbuh menjadi kota dengan tata kota yang apik. Terutama sistem kereta apinya yang sangat terintegrasi. Kalau melihat desain arsitekturnya kamu pasti langsung terpikir kota modern dengan desain bangunan unik. Dusseldorf juga disebut sebagai kota arsitektur yang inovatif, makannya nggak salah banyak gedung-degung dengan desain unik.

Washington, Amerika Serikat

washington

Image: Pixabay.com

Pusat pemerintahan Amerika Serikat yang berada di Washington ini juga mempunyai desain tata kota yang baik. Desain terencana dengan sistem pembangunan grid atau blok ini memang sudah direncakan sejak tahun 1791. Perubahan-perubahan memang terjadi tapi Washington tetap tertata rapih.

Kira-kira kapan ya Indonesia bisa mempunyai kota dengan sistem transportasi, limbah, air, dan udara yang terintegrasi dengan baik?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s